Tren Pengembangan Web Paling Populer Tahun 2022

Tren Pengembangan Web Paling Populer Tahun 2022 – Dalam sebuah artikel dari tahun lalu tentang tren Pengembangan Web Paling Populer tahun 2021, kami melihat bagaimana pengaruh kecerdasan buatan menjulang di atas sebagian besar tren lainnya. Pengaruh ini berlanjut ke Tren Pengembangan Web Paling Populer yang diprediksi tahun 2022.

Tren Pengembangan Web Paling Populer Tahun 2022

Studi mengatakan bahwa lebih dari setengah browser internet mengharapkan situs web dimuat dengan cepat dan tidak lebih dari dua detik setelah mengklik tautan. Jika dibutuhkan lebih dari tiga detik untuk memuat situs Anda, kemungkinan besar pengunjung Anda akan pergi, dan kemungkinan besar mereka tidak akan kembali lagi!

Kinerja situs web memiliki dampak langsung pada laba perusahaan. Misalnya, minat mengurangi waktu tunggu yang dirasakan sebesar 40%, dan ini meningkatkan lalu lintas mesin telusur dan pendaftaran sebesar 15%.

Di blog ini, kami akan menavigasi teknologi yang akan menjadi yang paling populer dalam pengembangan web pada tahun 2022. Anda akan menyadari bahwa beberapa tren akan tetap ada seiring kemajuan, sementara teknologi lain muncul untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Chatbots Bertenaga Artificial Intelligence

Sekali lagi, seperti yang diamati tahun lalu, Kecerdasan Buatan terus meningkat karena membuat tugas kami lebih efisien dan sederhana. Kami tidak dapat menyangkal kebutuhan kami akan Kecerdasan Buatan untuk tetap berfungsi dan mendapatkan akses hanya ke data yang paling relevan dan berguna yang dapat diterapkan untuk penggunaan kami. Sederhananya, AI melakukan kerja keras, jadi kita tidak perlu melakukannya.

Kecerdasan buatan sudah sangat terasa dalam tugas layanan pelanggan melalui chatbot. Fungsi mereka berkembang setiap hari dan prediksinya adalah bahwa mereka akan segera mengambil alih pekerjaan manajemen pendukung juga.

Secara alami, ini akan memungkinkan perusahaan menghemat biaya perekrutan manajer dan memfokuskan sumber daya mereka di tempat lain. Beberapa tugas yang dilakukan AI meliputi;

  • Sebagai asisten virtual yang akan berkomunikasi dengan pengunjung situs, ini akan membuat navigasi lebih menyenangkan, lebih seperti melakukan tur berpemandu melalui situs web.
  • Melakukan dan menganalisis data yang disajikan oleh mereka yang berinteraksi dengan chatbot, untuk menginformasikan peningkatan layanan dan upaya pemasaran
  • Mereka akan menangani pertanyaan penjualan berdasarkan pertanyaan yang diajukan secara teratur, dengan jawaban yang pasti. Ini akan memungkinkan untuk mengumpulkan prospek berdasarkan data yang disajikan yang dapat dikonversi.

Kemudahan navigasi melalui situs web akan memastikan peringkat situs yang tinggi dan menyederhanakan pengalaman pengguna.

Chatbots berguna dalam organisasi berorientasi pelanggan tinggi yang bekerja sepanjang waktu seperti bank, dan toko online. Operator obrolan manusia tidak selalu dapat menjawab pertanyaan, karena mereka harus istirahat dan pergi setelah shift mereka selesai, tetapi bot bekerja sepanjang waktu dan tujuh hari seminggu.

PWA (Aplikasi Web Progresif)

Aplikasi web progresif (PWA) adalah situs web yang terlihat dan berperilaku seolah-olah itu adalah aplikasi seluler. PWA dibuat untuk memanfaatkan fitur perangkat seluler asli , tanpa mengharuskan pengguna akhir mengunjungi toko aplikasi, melakukan pembelian, dan mengunduh perangkat lunak secara lokal.

Sebagai gantinya, PWA dapat ditemukan dengan permintaan mesin pencari dan langsung diakses melalui browser. Hal yang paling menakjubkan adalah kecepatan loadingnya tinggi seperti di komputer, yang semakin mempertegas kenyamanannya. Singkatnya, poin-poin di bawah ini menggambarkan mengapa lebih banyak perusahaan memilih PWA;

  • PWA memiliki tingkat konversi 36% lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi asli.
  • PWA mengumpulkan tingkat keterlibatan pengguna 50% lebih tinggi.
  • PWA memiliki biaya perawatan 33% lebih rendah.

Mode Gelap

Kadang-kadang juga disebut “Mode Malam”, “Mode Bayangan” atau “Tampilan Gelap”, mode gelap ini adalah istilah desain yang digunakan untuk menggambarkan antarmuka pengguna cahaya rendah yang menggunakan warna gelap sebagai warna latar belakang utama, membalikkan cahaya default desain dalam gelap yang telah digunakan desainer selama beberapa dekade.

Waktu layar semakin meningkat di antara pengguna, ini memengaruhi popularitas Mode Gelap sebagai cara untuk menghindari kelelahan mata dan memungkinkan pengguna berinteraksi dengan situs lebih lama. Perusahaan teknologi besar seperti Facebook dan Google telah mengadopsi tren ini dan mempengaruhi orang lain dalam prosesnya. Beberapa alasan sah mengapa Mode Gelap menjadi populer meliputi;

  • Itu membuat situs menjadi menarik – ketika dipadukan dengan warna yang lebih cerah akan mudah dilihat dan karena itu lebih menarik bagi pengguna. Ini membuat pengguna lebih lama berada di situs dan terlibat dengan konten Anda lebih lama.
  • Kelelahan mata yang lebih rendah – Dalam situasi cahaya redup, melihat layar yang terang cenderung membuat mata tegang dan lelah. Setelah Anda mengurangi rasa sakit yang berasal dari latar belakang yang cerah, Anda meningkatkan kenyamanan dan mendorong pengguna untuk menjelajahi situs web untuk waktu yang lebih lama.
  • Tingkatkan aksesibilitas – Penelitian UX menunjukkan bahwa latar belakang gelap meningkatkan kontras halaman, membuat visual menonjol dan lebih mudah bagi pengguna untuk fokus.

Sederhananya, tidak hanya versi gelap situs web Anda akan lebih nyaman bagi pelanggan tetap Anda, tetapi juga akan melayani para pengguna tunanetra, misalnya, yang Anda “diabaikan” sebelumnya.

  • Hemat energi – Tren ini juga menghemat daya baterai; latar belakang yang lebih terang cenderung ‘memakan’ daya lebih banyak daripada latar belakang yang gelap. Ini bisa menjadi nilai tambah; pengguna akan dapat menghemat daya saat berada di situs Anda, sekali lagi, mereka akan cenderung bertahan lebih lama saat mereka terlibat dengan konten situs web Anda.

Optimasi Pencarian Suara

Seperti yang terlihat tahun lalu, Pengoptimalan Pencarian Suara telah menyatu dengan baik ke dalam kehidupan kita sehari-hari melalui Asisten Google, Siri Apple, dan Alexa Amazon. Teknologi pengenalan suara menjadi salah satu tren yang telah menunjukkan kemajuan luar biasa di antara tren pengembangan web terbaru.

Pada tahun 2022, diperkirakan pasar smart speaker secara global akan  tumbuh sebesar 21% sehingga mencapai 163 juta unit . Pengenalan ucapan dengan asisten AI seperti Siri dan Alexa telah memungkinkan revolusi ini.

Orang-orang lebih memilih pencarian suara daripada mengetik seperti yang dikonfirmasi oleh Adobe Analytics, 47% orang yang mengejutkan mengandalkan pencarian suara. Angka-angka ini realistis, dengan dilatarbelakangi banyaknya aktivitas yang melingkupi kehidupan kita.

Maka aman untuk mengatakan bahwa pengenalan suara adalah tren yang berkembang dan harus digunakan untuk meningkatkan jangkauan dan meningkatkan pengalaman pengguna. Ini terutama akan meningkatkan pengalaman online bagi pengguna dengan gangguan penglihatan dan pendengaran.

Tren Pengembangan Web Paling Populer Tahun 2022

Untuk mengilustrasikan dampaknya, raksasa teknologi seperti Amazon, Apple, dan Google telah memperkenalkan speaker pintar mereka ke pasar dengan mempertimbangkan tren yang berkembang ini.